Rabu, 11 Januari 2012

Pentingkah Faktor Lokasi untuk Keberhasilan Usaha Awal??

Semangat jumpa lagi dengan Mr.Ngawur, bertemu lagi dengan saya, kali ini saya akan mengungkapkan pendapat saya tentang Faktor Lokasi terhadap keberhasilan sebuah usaha yang baru di rintis maupun yang sudah berjalan. Mengapa saya membuat artikel tentang lokasi? Dikarenakan saya melihat seorang wirausaha yang akan membuka usaha maupun membuka cabang namun terlalu di bebankan dengan lokasi yang kurang strategis atau apalah istilahnya.

Lokasi merupakan salah satu faktor pendukung dalam menentukan pembukaan suatu usaha, namun banyak orang yang selalu berpikir bahwa lokasi di pinggir jalan adalah lokasi paling strategis. Namun bagi saya lokasi adalah no kesekian yang harus di pikirkan, hal yang paling penting adalah kesiapan mental, manajemen, modal, baru lokasi. Mengapa saya berpendapat bahwa lokasi adalah hal yang terakhir dan tidak terlalu penting? Karena ketika saya memprioritas kan lokasi strategis sebagai hal utama yang harus saya dapatkan, maka ketika saya mendapatkan lokasi yang tidak saya harapkan maka secara mental baik terasa maupun tidak akan berpengaruh terhadap kinerja kita ketika kita tidak berpikir positif. Ada seorang teman yang bertanya kepada saya bahwa dia ingin membuka usaha namun lokasi nya tidak strategis, ada di dalam kampung, tidak dekat jalan raya, dll. Namun, jika dalam pemikiran saya, ketika produk kita berbeda dan banyak di cari orang serta harga terjangkau, hal yang terpenting adalah relasi di bandingkan lokasi, dikarenakan ketika kita mendapatkan relasi maka usaha kita akan berjalan lancar. Relasi pun bisa kita jadikan sebagai iklan berjalan dan gratis, karena ketika relasi atau buyer kita puas, maka mereka akan menceritakan ke teman-teman nya dan akan merekomendasikan untuk membeli produk yang mereka butuhkan kepada anda. Jadi bukan lagi anda yang mencari pelanggan tapi pelanggan yang akan mencari anda. Sebagai contoh toserba yang ada di daerah saya, lokasi masuk kampung namun pembeli nya banyak yang berasal dari daerah lain di karenakan kualitas sama namun harga beda, serta pelayanan yang memuaskan.

Mungkin itu sedikit pendapat saya tentang lokasi, so buat kalian yang berada di lokasi yg kurang strategis maksimalkan strategi pemasaran serta utamakan kepuasan pelanggan dan perbanyak relasi. Bagaimana masih memprioritaskan lokasi sebagai hal yang sangat penting? Itu terserah anda, namun ketika anda mendapatkan lokasi kurang strategis maka ingat kata-kata ini "RELASI LEBIH PENTING DIBANDINGKAN LOKASI". Sampai berjumpa lagi dengan saya sang Mr.Ngawur, semoga artikel-artikel saya bisa bermanfaat bagi temen-temen semua.. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar