Selasa, 10 Januari 2012

Kesalahan Manajemen di Usaha Kecil

Bertemu lagi dengan saya sang Mr. Ngawur, di sini saya akan menanggapi tentang usaha-usaha kecil yang ada di sekitar saya terutama di sekitar kost saya. Mungkin hal ini juga terjadi di dalam usaha menengah ke atas namun sering terajdi di dalam usaha kecil.

Seperti kita lihat, mungkin di daerah temen2 sekalian juga dan saya yakin pasti ada kalau tidak ada berarti temen2 tinggal di tengah hutan sendirian tanpa ada transaksi dagang..peace..:D
Kita sering melihat suatu usaha sudah berdiri bertahun-tahun namun usaha tersebut tidak pernah terlihat perkembangan yang berarti seperti pembukaan cabang baru, pembesaran ruang usaha, penambahan pegawai, dll. Mungkin bisa saya contohkan, usaha warung tetangga saya, dari saya SMP sampai saya kuliah tetap saja seperti itu tanpa ada perubahan berarti meskipun waktu telah berlalu. Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Banyak faktor yang mempengaruhinya, namun dalam artikel kali ini saya akan mengungkapkan pendapat saya dalam sudut pandang Manajemen terutama Manajemen Keuangan nya.

Baik sekarang saya akan memaparkan pendapat NGAWUR saya tentang kesalahan-kesalahan manajemen yang sering terjadi di dalam usaha kecil. Seperti kita tahu, jika kita membuka suatu usaha kita harus membedakan antara prive dan kepentingan usaha, namun jika kita lihat yang terjadi di lapangan dalam usaha kecil lebih banyak di gunakan untuk prive. Sedangkan prive sendiri masih bisa kita bagi lagi menjadi "wants and needs", jika seorang pelaku usaha tidak bisa membedakan antara "wants and needs" maka bisa dipastikan profit dari usaha akan habis untuk prive bahkan bisa mengambil dana dari modal yang mana akan berpengaruh di dalam stock mereka. Oleh karena itu seorang pelaku usaha harus bisa membedakan antara kepentingan usaha dan prive. Pelaku usaha boleh mengambil sebagian dari untung namun harus ada presentase berapa uang yang harus diambil, semisal prive 40%, laba ditahan 50%, sedangkan yang 10% untuk kepentingan yang tidak terduga. Dengan begitu maka usaha yang di jalankan akan terus berkembang namun kebutuhan terpenuhi. Ada pepatah "Berenang-renang ketepian, bersenang-senang kemudian", begitu dengan menjalankan usaha, awal kita harus bisa menahan prive kita yang wants, namun jika usaha yang kita jalankan sudah berkembang dengan pesat maka ada kemungkinan yang sebelumnya wants akan menjadi needs karena tingkat perekonomian kita meningkat maka standart needs kita juga akan meningkat.

Sekian pendapat NGAWUR saya tentang kesalahan manajemen dalam usaha kecil. Saran dan masukan akan selalu di terima dengan senang hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar