Selasa, 10 Januari 2012

Mengembangkan Usaha dengan Strategi Manajemen Keuangan.

Bertemu lagi dengan saya sang Mr.Ngawur, pada post sebelumnya saya membahas tentang kesalahan manajemen di dalam usaha kecil, maka kali ini saya akan membahas tentang strategi agar usaha bisa berkembang dengan memperbaiki sistem manajemen keuangannya, bisa di bilang ini merupakan salah satu solusi untuk memperbaiki kesalahan yang terjadi di dalam manajemen keuangan.

Manajemen meruapakan suatu ilmu yang mutlak di butuh kan oleh seorang pelaku usaha, jika seorang pelaku usaha tidak memiliki nya maka kemungkinan nya adalah usaha tersbut akan berhenti di tengah jalan. Salah satu manajemen yang harus di miliki adalah manajemen keuangan, dimana kita harus pandai-pandai mengatur keuangan di dalam usaha kita. Mungkin banyak dari teman-teman yang sudah menguasai nya, namun di sini Mr.Ngawur hanya akan mencoba sharing dengan teman-teman berdasarkan pengalaman yang sudah saya jalani.

Di dalam membuat manajemen keuangan seorang pelaku usaha harus benar-benar membedakan antara "PRIVE DAN KEBUTUHAN USAHA" hal ini mutlak harus di pahami karena akan berpengaruh di dalam cepat lambat nya perkembangan usaha yang kita jalani. Setelah bisa membedakan maka selanjutnya kita harus berkomitmen bahwa laba yang kita dapat sebisa mungkin tidak di gunakan untuk prive misalkan terpaksa harus memakai harus ada batas maksimal pemakaian tersebut.

Setalah kita menentukan prosentase-prosentase yang harus kita taati maka selanjutnya adalah pembuatan target keuntungan yang harus di capai dan berapa cabang yang hars di buka dalam kurun waktu satu tahun. Di sini saya akan mencoba untuk membuat suatu gambaran tentang pekembangan usaha. Semisal saya menargetkan laba bersih 1juta/bulan, dengan modal awal 5juta, dan saya harus membuka 4 cabang dalam tahun pertama. Maka bisa kita gambarkan sebagai berikut dengan asumsi laba 1juta perbulan:

Bulan pertama laba 1juta/bulan-prive 25%dari laba = 750ribu
Bulan kedua total laba 1,5juta
Bulan ketiga total laba 2,25juta
Bulan keempat total laba 3juta
Bulan kelima total laba 3,75juta
Bulan keenam total laba 4,5juta
Bulan ketujuh total laba 5.25juta

Pada bulan ketujuh kita bisa membuka satu cabang, di asumsikan cabang tersebut mendapatkan laba yang sama yaitu 1juta perbulan, maka:

Bulan kedelapan total laba 5,25juta-5juta+1.5juta = 1,75juta
Bulan kesembilan total laba 3,25juta
Bulan kesepuluh total laba 4,75juta
Bulan kesebelas total laba 6,25juta

Pada bulan kesebelas kita bisa membuka satu cabang lagi, di asumsikan cabang tersebut mendapatkan laba yang sama yaitu 1juta perbulan, maka:

Bulan keduabelas total laba 6,25juta-5juta+ 3.75juta=5juta

Maka pada bulan keduabelas kita bisa membuka satu cabang lagi, jadi total kita mempunyai 4 lokasi usaha. pada tahun berikut nya setiap 2 bulan sekali kita bisa membuka cabang bahkan setiap bulan kita bisa membuka cabang.

Sangat mudahkan jika kita ingin membuka cabang yang banyak dalam jangka waktu yang singkat jika kita bisa memanajemen keuangan kita.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya, salam hangat dari saya dan terus berusaha, jika anda jatuh maka bangun lagi sampai anda bisa mencapai finish.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar